Senin, 18 April 2011

Tanaman Gantung Hijaukan Teras Anda

Teras Anda terasa gersang? Gunakan tanaman pot gantung untuk menghijaukannya.
Teras adalah area transisi antara ruang luar dan ruang dalam. Sebagai ruang peralihan teras masih memiliki karakter yang senafas dengan karakter ruang dalam, tetapi sebagian dari bidangnya berhubungan dengan ruang luar.
Teras bisa diletakkan di bagian depan, samping atau belakang rumah. Tentu saja karena letaknya yang berlainan, fungsinya pun menjadi berbeda pula. Teras depan lebih ditekankan pada segi estetis dan ditujukan sebagai welcome area bagi para tamu. Sedangkan teras belakang atau teras samping lebih bersifat pribadi/privat dan fungsional karena seringkali dipakai untuk menampung kegiatan keluarga atau sebagai area untuk menyalurkan hobi.
Teras yang ditata dengan indah, bisa membantu mempercantik penampakan rumah (fasade) secara keseluruhan. Selain itu tatanan teras yang pas akan memberi kenyamanan tidak saja pada sisi luar ruang tetapi juga dari arah ruang dalam. Untuk memperoleh nuansa yang asri dan nyaman, sebuah teras tentunya juga perlu dilengkapi dengan tanaman.
Tidak menjadi masalah bila di sekitar teras masih tersisa lahan untuk dijadikan taman. Tetapi bagaimana jika lahan yang tersisa begitu mepet sehingga tanaman yang bisa ditanam pun menjadi sedikit? Akali saja dengan memajang tanaman hias yang digantung di sekitar teras. Selain asri, teknik ini juga menghemat dalam hal tanah dan perawatan. Anda tak perlu dipusingkan dengan jadwal pemangkasan rumput misalnya.

Letak dan Aktivitas

Sebelum memilih dan memajang tanaman pot gantung pada teras, sebaiknya Anda memperhitungkan beberapa hal. Pertama, aktivitas yang sering dilakukan pada teras tersebut. Hal ini berkaitan dengan jumlah dan letak tanaman pot gantung yang akan Anda pajang. Jika jumlah aktivitas di teras cukup banyak dan memiliki pola pergerakan aktif, maka sebaiknya jumlah tanaman yang dipajang tidak terlalu banyak, sehingga tidak mengganggu pergerakan pemakai. Karena meskipun cantik dipandang, bila tanaman gantung sering menyentuh kepala Anda juga akan mengganggu. Demikian pula bila letak tanaman gantung mengganggu Anda dalam membuka-tutup jendela atau mengotori tirai yang ada di dekatnya.
Pertimbangan kedua adalah kondisi fisik teras terutama faktor ketersediaan cahaya matahari. Ini berkaitan dengan arah teras, dan faktor ini menentukan pemilihan jenis tanaman. Teras yang memperoleh cahaya matahari dalam jumlah yang tak terlalu banyak, sebaiknya memilih tanaman yang menyukai keteduhan, umumnya jenis yang berdaun hijau, misalnya dari keluarga Philodendron. Sebaliknya jika posisi teras membuatnya mendapatkan sinar matahari yang melimpah, bisa dipilih jenis tanaman berbunga agar teras tampil lebih semarak. Untuk teras yang berlimpah sinar matahari ini, tanaman gantung yang dipajang sekaligus pula bisa berfungsi sebagai peneduh yang menahan sebagian sinar matahari masuk ke dalam rumah.

Langit-langit atau Balok Ekspos

Langit-langit atau dinding teras bisa dimanfaatkan untuk menggantung tanaman hias pot. Selain menambah daya tarik, tanaman gantung bisa memberikan sentuhan yang asri, bahkan menjadi bingkai alam yang mempesona di teras rumah Anda.
Kini banyak juga rumah yang membiarkan balok-balok penyangga langit-langitnya terekspos. Tempat inilah yang paling ideal untuk memasang sekrup untuk menggantung tanaman hias pot. Kesan yang diperoleh biasanya adalah nuansa asri dan alami.
Bila rumah Anda kebetulan tidak mengekspos balok-balok tadi, jangan risau. Anda bisa meletakkan sekrup tempat pot tergantung pada balok atau sambungan beton yang tertutup rapi oleh langit-langit yang terbuat dari bahan asbes atau bahan spesifik lainnya. Paku atau sekrup untuk tempat pot bergantung ini bisa Anda beli di toko bangunan.


sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar